DeX Pad Akan Mendampingi Peluncuran Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus – Samsung sedang mengerjakan versi baru DeX Station yang akan diluncurkan bersama flagship Galaxy S9 tahun depan. Dan seperti charger nirkabel dock DeX yang lalu, untuk generasi kedua ini pun akan berbentuk pad dan bukan dudukan. Karenanya beberapa anggota di GalaxyClub memberikan istilah DeX Pad. Ini akan diluncurkan dalam warna hitam.

Dengan sistem operasi Android Oreo, smartphone yang terhubung bisa digunakan sebagai mouse dan juga sebagai keyboard. Ini diharapkan mampu meniadakan kebutuhan pengguna untuk membawa mouse dan keyboard saat menggunakan DeX sebagaimana yang ada saat ini.

DeX Pad Akan Mendampingi Peluncuran Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Versi baru DeX Station ini mungkin ditambahkan semacam engsel untuk port USB (Tipe-C) yang tersembunyi sebagaimana yang tersedia di Gear VR yang berguna untuk menghubungkan ke ponsel dengan posisi tergeletak. Mungkin juga bahwa DeX Pad ini akan bekerja baik sebagai dudukan dan pad seperti charger nirkabel Samsung.


DeX Station versi sebelumnya memiliki bentuk seperti piring hitam, dimana bagian atas bisa digeser agar terbuka sehingga terlihat port USB Type C yang digunakan untuk memasang perangkat smartphone.

Ada kipas untuk menjaga agar perangkat tetap dingin di belakang, dan pengguna akan melihat dua port USB standar, port HDMI, dan port Ethernet untuk konektivitas. Port USB mendukung apapun yang didukung Android, sehingga pengguna dapat memasang hub USB ke salah satu port untuk menghubungkan lebih dari dua perangkat ke DeX.

Pengguna akan merasa betah ketika melihat booting DeX untuk pertama kalinya, karena prosedurnya yang sangat mirip dengan desktop biasa. Pengguna akan mendapatkan taskbar di bagian bawah dan beberapa ikon di desktop, bersama dengan App Drawer, multitasking, dan Home Keys.

Pengguna akan melihat banner “Apps for DeX” saat membuka App Drawer untuk pertama kalinya, dan banner yang menyarankan agar pengguna pergi ke toko Apps Galaxy untuk mendapatkan aplikasi yang didukung. Ada sekitar 30 aplikasi yang kompatibel untuk DeX saat ini termasuk aplikasi pengolah kata dari Microsoft, WhatsApp, Facebook Messenger, Snapchat dan beberapa lainnya.