Cara Nonton Video YouTube dengan Layar Penuh di Galaxy S8 atau Note 8

Cara Nonton Video YouTube dengan Layar Penuh di Galaxy S8 atau Note 8 – Saat Samsung memperkenalkan layar Infinity dengan tampilan yang tinggi dan sempit di Galaxy S8, aplikasi YouTube telah memiliki tombol khusus untuk membuat video sesuai dengan lebar keseluruhan layar dan menghapus bilah hitam di samping.

Tombol tersebut mendadak hilang saat pengguna meng-update aplikasi ke versi terbaru sehingga pemilik S8 dan Note 8 tidak dapat sepenuhnya memanfaatkan tampilan ponsel mereka untuk melihat video.

Tapi ternyata tombol tersebut tak sepenuhnya dihilangkan namun hanya diganti dengan cara yang berbeda. Untuk para pengguna smartphone dengan layar tinggi dan tanpa bezel, Pinch-to-zoom adalah jawabannya.

Cara Nonton Video YouTube dengan Layar Penuh di Galaxy S8 atau Note 8

Cara Nonton Video YouTube dengan Layar Penuh di Galaxy S8 atau Note 8

Sekarang, untuk membuat video bisa memenuhi keseluruhan layar, pengguna bisa menggunakan gerakan pinch-to-zoom saat video diputar dalam orientasi lanskap, sama seperti saat hendak memperbesar atau memperkecil foto di galeri.

Untuk membuat tampilan video bisa mengisi seluruh layar, maka harus diperbesar dengan cara pinch-to-zoom menggunakan dua jari di layar. Untuk memperbesar lagi, lakukan cara yang sama sampai tampilan video memenuhi layar.

Sayangnya memperbesar tampilan video dengan pinch-to-zoom tetap ada bagian atas dan bawah yang terpotong, sebab sebagian besar video dibuat untuk aspek rasio 16: 9 dan bukan rasio aspek 18: 9/18: 5: 9 yang terlihat pada ponsel Infinity Display Galaxy S8.

Solusi yang bisa dilakukan memang menggunakan cara di atas yaitu menggunakan fungsi zoom sehingga pengguna tetap bisa menikmati video layar penuh di Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Galaxy S8 adalah perangkat andalan atau flagship terbaru Samsung yang menyuguhkan diagonal layar 5,8 inci sementara Galaxy S8+ sebesar 6,2 inci. Samsung pun menawarkan aspect ratio yang tak biasa.

Umumnya telepon pintar yang dijual saat ini membawa aspect ratio 16:9. Samsung Galaxy S7 yang dikeluarkan tahun kemarin juga menggunakan aspect ratio baku tersebut.

Akan tetapi suksesornya, yaitu Galaxy S8 dan S8+ malah mengaplikasikan aspect ratio 18,5:9. Yang artinya visual layar dibuat lebih panjang dibanding seri sebelumnya dan perangkat Android umumnya.