Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note FE Desember 2017

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note FE – Samsung membawa kembali Galaxy Note 7 ke pasar. Membawa nama Galaxy Note FE (Fan Edition), perangkat ini dihadirkan Samsung untuk para penggemar Galaxy Note untuk pengganti Note 7 yang bermasalah dengan baterainya.

Selain cepat panas, baterai Galaxy Note 7 pun dikabarkan ada yang terbakar atau meledak. Kejadian di tahun 2016 silam itu mengakibatkan semua perangkat Note 7 ditarik dari pasaran. Untuk yang tetap berkeinginan memiliki flagship terbaru itu, disiapkan Galaxy Note FE yang dinyatakan betul-betul aman.

Kini di awal November, perangkat Note FE tersebut pun sudah tersedia untuk para konsumen di tanah air. Indonesia adalah negara ke-4 yang bisa menikmati Galaxy Note FE ini sesudah Korea Selatan, Malaysia, dan Philipina. Sesuai dengan penjelasan yang diberikan di situs Samsung Indonesia, perangkat Note FE ini telah melalui 8 tahap pengecekan keamanan baterai yang meliputi : Durability Test, Visual Inspection, X-Ray Test, Charge/Discharge Test, TVOC Test, Disassembling Test, Accelerated Usage Test, serta AOCV Test. Perangkat ini pun lolos dari pengukuran keamanan berlapis yang terdiri dari Battery Safety Design Standard, Hardware Design, dan Software Algorithm.

Spesifikasi dan Harga Galaxy Note FE

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note FE

 

Spesifikasi Galaxy Note FE dibanding Galaxy Note 7 salah satunya berbeda dalam hal daya baterai lebih kecil yaitu hanya 3.200 mAh sementara Note 7 sebesar 3.500. mAh. Perangkat ini pun kini disematkan personal digital assistant buatan Samsung sendiri yakni Bixby yang juga tersemat di Galaxy S8 meski tanpa tombol fisik. Kemudian untuk sistem operasi yang digunakan sudah mengusung Android Nougat 7.0. sedangkan Galaxy Note 7 hanya terinstal Android Marshmallow. Bagian layar pun kini sudah berpelindung Corning Gorilla Glass 5 untuk perlindungan yang makin maksimal dari resiko goresan atau benturan.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note FEGalaxy Note FE mempertahankan layar Quad Quad 5,7 inci AMOLED yang resolusinya bisa disesuaikan ke level 1080p, 720p atau sampai 2K. Spesifikasi lainnya seperti chip Exynos 8890, RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB, dan kamera belakang aperture 12 MP f / 1.7.

Ponsel ini juga tahan air dan debu dengan sertifikat IP68 dan mendukung pengisian nirkabel cepat. Dan yang menjadi ciri khasnya selama ini sebagai bagian dari keluarga Galaxy Note, perangkat ini dilengkapi dengan stylus yang digabungkan dengan rangkaian aplikasi dan kustomisasi perangkat Samsung untuk penggunaan yang makin efisien.

Secara desain, Note FE memiliki dimensi dan fisik yang persis seperti pendahulunya. Satu-satunya pembeda tampilan bahwa ini adalah model yang berbeda adalah hilangnyalogo Samsung di bawah lubang speaker, dan nama perangkat di bagian belakang. Di luar itu, meski rancangannya adalah desain “tahun lalu” namun Note FE tetap terasa hebat di tangan. Dengan motif simetris dan kurva tajam di layar serta lapisan kaca belakang Gorilla Glass 5 berbaur dengan bingkai logam yang kesemuanya membentuk kesatuan tampilan yang sangat berkelas.

Samsung Galaxy Note FE Tahan Air

Samsung Galaxy Note FE Tahan Air

Pilihan warna untuk Note FE pun sama seperti yang tersedia tahun lalu, hitam, perak, emas, dan biru koral. Untuk warna yang disebut terakhir adalah warna favorit banyak penggemar diman sentuhan biru muda sangat kontras dengan bingkai logam tembaga. Galaxy Note FE pun mengemas rating tahan air dan debu IP68, yang memungkinkan perangkat bertahan hingga mencapai 30 menit berada dalam air hingga kedalaman 1,5 m.

S-Pen adalah alat tambahan sebagai ciri khas yang spektakuler. Ikon mengambang Air Command dapat diatur dan digunakan untuk membuka aplikasi yang ingin diluncurkan dengan cepat setelah mengeluarkan S-Pen dari kompartemennya.

Mekanisme spring-loaded dari S Pen pun sangat menyenangkan dengan fungsi yang hampir sama dengan Air Command, cukup klik bagian kepala stylus dengan ibu jari. Ujung S Pen pun sangat sensitif dengan ukuran yang kini diperkecil sehingga goresan yang dihasilkannya cukup rapi.

Samsung Galaxy Note FE Fitur Iris Scanner

Samsung Galaxy Note FE Fitur Iris Scanner

Galaxy Note Fan Edition tersedia dengan CPU Exynos 8890 milik Samsung sendiri. Ini adalah prosesor yang sama yang ditemukan pada varian Note 7 untuk pasar di luar Amerika. Kinerja yang diberikan cukup memuaskan dimana UI dioptimalkan dengan lebih baik sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Note Fan Edition pun membawa RAM 4 GB, kartu memori 64GB yang bisa diperluas lewat kartu MicroSD. Sistem secara otomatis akan melakukan analisi dasar untuk membebaskan memori dan penyimpanan, serta mematikan secara otomatis aplikasi di latar belakang jika tidak terpakai terlalu lama.

Kamera Note FE tidak diperbarui dengan fitur tambahan seperti Bixby Vision, atau fitur animal mask. Kamera utama 12 MP mampu memberikan hasil yang sangat cantik. Dalam kondisi gelap, aperture F1.7 menangkap banyak cahaya ambient ke dalam gambar sehingga gambar yang dihasilkan selalu terlihat jernih.


Kamera 5 megapiksel yang menghadap ke depan memiliki bidang pandang yang luas, sehingga selfie bersama-sama tidak akan menjadi masalah. Kamera juga membawa banyak kemampuan untuk merekam video. Kamera Note FE mampu merekam video 4K pada 30 frame per detik. Pengguna juga bisa merekam video 2K dengan kecepatan 30 fps. Video FHD bisa direkam pada 30 atau 60 fps. Fitur tertentu seperti stabilisasi gambar, efek video, dan pelacakan fokus otomatis tidak tersedia saat merekam di pengaturan resolusi tinggi.

Perubahan besar lainnya dari Galaxy Note FE ini adalah baterai. Tak lagi menggunakan sel baterai 3500mAh yang dirancang buruk yang menyebabkan penarikan kembali di seluruh dunia. Sebagai gantinya adalah baterai yang lebih kecil 3200 namun kini sudah melewati 8-point safety check.

Samsung Galaxy Note FE -Kamera Dual Pixel Sensor

Samsung Galaxy Note FE -Kamera Dual Pixel Sensor

Masa pakai baterai, seperti halnya perangkat apapun tergantung dari fungsi apa yang dijalankan dan juga intensitasnya. Namun diklaim baterai bisa tetap menyala selama 23 jam pada mode 3G atau 68 jam bila hanya untuk memutar musik.

Harga Samsung Galaxy Note FE yang saat ini unitnya telah menyambangi para penggemar di Indonesia dibanderol Rp.8,5 juta. Untuk pembelian cash, konsumen akan diberikan gimmick berupa hadiah langsung perangkat Samsung Level U Bluetooth Headset. Samsung pun menyediakan program Trade In atau tukar tambah dengan ponsel lama.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note Fan Edition (FE)

JaringanGSM / HSPA / LTE
RilisJuli 2017
Dimensi 153.5 x 73.9 x 7.9 mm
Berat 167 gram
Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors 5.7 resolusi 1440 x 2560 pixels, 16:9 ratio 515 ppi density, Corning Gorilla Glass 5, HDR10 compliant, Always-on display
Platform Android 7.1.1 (Nougat)
Chipset Exynos 8890 Octa
Prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose & 4×1.6 GHz Cortex-A53)
Chip Grafis Mali-T880 MP12
RAM4 GB
Memori Internal 64 GB
Memori EksternalSlot kartu MicroSD up to 256 GB
Kamera Utama12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash, 1/2.5″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama

Video 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@240fps, HDR, dual-video rec.

Kamera Kedua5 MP, f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR
Konektifitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2 (A2DP, EDR, LE), GPS (A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO), NFC, USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector
SensorIris scanner, fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
BateraiNon-removable Li-Ion 3200 mAh Talk time hingga to 23 jam (3G) Music play hingga to 68 jam
Warna tersediaBlack Onyx, Blue Coral, Gold Platinum, Silver Titanium
Harga resmi IndonesiaRp.8.499.000