Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bixby Vision

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bixby Vision – Duet handset flagship terbaru Samsung, Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus resmi melenggang beberapa waktu lalu. Termasuk satu dari banyak fitur baru yang disematkan adalah asisten digital Bixby yang begitu meriah mendapat apresiasi dari para penggemar. Bagaimana sebenarnya cara kerja dari teknologi asisten virtual yang menyaingi Siri kepunyaan Apple ini?

Bixby merupakan teknologi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dapat digunakan menjalankan berbagai hal di Galaxy S8. Misalnya mengendalikan smartphone melalui suara sampai mengelola agenda dan memindai obyek dalam sebuah foto. Bixby sendiri memiliki tiga fitur utama yaitu : Bixby Voice, Bixby Home dan Bixby Vision.

Bixby Voice memudahkan pengguna memberikan berbagai perintah dan tindakan melalui suara untuk aplikasi reminder, gallery, contacts, dan camera. Bixby Home memiliki tombol fisik tersendiri di samping kiri perangkat untuk membukanya.

Bixby Home hampir menyerupai Google Now yang akan menampilkan berbagai informasi diantaranya cuaca, jadwal, dan sebagainya. Ketiga yaitu Bixby Vision yang merupakan teknologi augmented reality yang diaktifkan melalui tombol tersendiri dalam aplikasi kamera.

Berikut cara mengaktifkan dan menggunakan Bixby Vision bagi para pengguna Galaxy S8 dan S8 Plus :

1. Bixby Vision terletak di Bixby Home, untuk itu tekan tombolnya untuk masuk.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bixby Vision

2. Layar akan menampilkan halaman utama Bixby Home. Ketuk ikon Bixby Vision di bagian atas layar.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bixby Vision

3. Ada beberapa setting dalam Bixby Vision yang bisa diaktifkan atau dimatikan via toggle.

4. Cara mengekstrak teks dengan Bixby Vision. Bixby Vision mampu menangkap dan mengekstrak teks dari apa yang dilihatnya. Caranya, aktifkan Bixby Vision, Scan gambar untuk menangkap teks, Ketuk Text. Tekan ekstrak (terlihat seperti huruf T di bagian bawah layar). Ketuk Save untuk menyimpan teks yang diekstraksi.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bixby Vision

5. Cara menggunakan Bixby Vision untuk menerjemahkan teks. Bila pengguna memakai Bixby Vision untuk menangkap teks dalam bahasa lain maka bisa diterjemahkan secara otomatis. Begini caranya , buka Bixby Vision. Pindai item untuk menangkap teks, kemudian ketuk Text. Ketuk Translate. Swipe jari di atas teks yang ingin diterjemahkan. Swipe ke atas untuk melihat semua teks terjemahan.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bixby Vision

6. Cara mencari gambar menggunakan Bixby Vision. Bixby Vision dapat mencari gambar yang mirip dengan yang dipotret pengguna. Fitur ini memang tak terlalu sempurna, namun tak ada salahnya dicoba. Buka Bixby Vision kemudian pindai item untuk menangkapnya. Ketuk image untuk mencari gambar yang serupa.

Demikianlah informasi bagaimana Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bixby Vision, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.