Cara mendisable Secara Penuh Fungsi Tombol Fisik Bixby Di Galaxy S8 dan Note8

Seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, Bixby dapat bekerja dengan perintah suara. Untuk mengaktifkannya pengguna cukup mengucapkan “Hi Bixby” atau yang lain. Berbeda dengan yang lain, layanan ini juga memiliki tombol fisik khusus di flagship Samsung Galaxy S8 dan Note 8. Tidak dapat dibantah bila Galaxy S8 dan Note 8 adalah salah satu perangkat terbaik 2017 ini namun belum benar-benar sempurna.

Tak semua pengguna S8 dan Note 8 mau menggunakan Bixby. Penyebabnya karena Bixby dianggap belum sepintar Google Assistant. Lumrah sebab fitur Bixby ini belum lama menjalani debutnya di Galaxy S8. Akibatnya tombol fisik Bixby menjadi tak berguna sama sekali, terlebih pihak vendor pun tak mengijinkan pengguna mengubah fungsinya.

Bixby

Boleh jadi karena memperoleh banyak komplain dari pengguna, Samsung akhirnya berkeputusan untuk memberikan tambahan menu untuk fungsi disable layanan Bixby. Namun itupun tak cukup memuaskan sebagaimana diharapkan.

Melalui update terbaru, Samsung akhirnya meluncurkan kembali fitur untuk men-disable secara penuh fungsi tombol fisik Bixby. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Luncurkan aplikasi Bixby maka pengguna akan mendapati menu pop up untuk melakukan pembaharuan. Jika tak ada menu pop up tadi maka pengguna harus memperbarui setiap aplikasi yang terkait Bixby di Galaxy Apps Store. Jika pengguna tidak melihat pembaruan, mereka bisa mendapatkan versi baru Bixby, Bixby Home, dan Bixby Service melalui situs APKmirror.

2. Setelah pengguna memiliki versi terbaru dari aplikasi Bixby, menonaktifkannya akan sangat mudah. Aplikasi Bixby yang terbaru adalah versi terbaru 2.0.03.3. Akan ada tab slider On/Off di bagian paling atas untuk mematikan atau menyalakan Bixby Key. Cukup geser slider ke posisi Off untuk mematikannya.

Baca Juga:  Samsung S8 Tips: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung Galaxy S8

3. Jika pengguna tidak melihat tombol On/Off di bagian atas aplikasi Bixby, berikut adalah petunjuk lengkap untuk menonaktifkannya sendiri. Tekan tombol Bixby di sisi kiri tengah layar telepon. Di pojok kanan atas, ketuk tombol menu 3 titik. Ketuk Settings dari menu dropdown. Gulir ke bawah dan pilih Bixby Key. Setel ke Donít Open Anything atau tidak membuka apapun.