Cara Membuat Tombol Khusus Bixby Voice di Galaxy S8 atau Note 8

Cara Membuat Tombol Khusus Bixby Voice di Galaxy S8 atau Note 8 – Bixby Voice adalah aplikasi asisten pribadi yang dapat diperintah lewat suara pengguna di Galaxy S8 dan Note 8.

Fungsi ini akan membuat interaksi lebih gampang sebab pengguna tinggal mengucapkan perintah saja, tanpa perlu menyentuh atau mengusap layar perangkat. Kendati terasa canggih namun beberapa pengguna masih kesulitan saat ingin melakukan beberapa pengaturan fitur ini.

Beberapa pengguna pun ada yang belum begitu familiar dengan tersedianya tombol khusus Bixby. Ada yang dengan tak sengaja memencet tombol di bagian samping itu sehingga Bixby Home terbuka. Namun tombol fisik Bixby di Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 tidak lagi menjadi gangguan.

Samsung sudah merilis sebuah update yang akan menonaktifkan tombol Bixby sehingga tidak akan membuka Bixby Home secara tak sengaja. Saat tombol Bixby dinonaktifkan, pengguna masih dapat terus menggunakan Bixby Voice untuk memberikan perintah suara. Pengguna pun bisa menonaktifkan fungsi Bixby Voice hanya dengan satu sentuhan saja.

Cara Membuat Tombol Khusus Bixby Voice di Galaxy S8 atau Note 8

Fitur Bixbyís always-on voice wake-up tidak akan menguras daya baterai meski diaktifkan, juga tidak mematikan fungsi perintah Hi Bixby. Tapi adanya toggle akan cukup berguna bagi pengguna yang tidak menginginkan Bixby Voice selalu On. Ini juga berfungsi sebagai cara cepat untuk menonaktifkan fitur ini jika pengguna mematikan Bixby Home (dan tombol Bixby).

Berikut cara membuat tombol khusus Bixby voice wake up di Galaxy S8 atau Note 8

Langkah 1:

Gesek ke bawah dari tepi atas layar untuk mengakses Notification Shade, lalu gesek sekali lagi untuk membuka panel toggle.

Langkah 2:

Tekan tombol tiga titik di kanan atas, lalu pilih Button Order dari pilihan yang muncul.

Cara Membuat Tombol Khusus Bixby Voice di Galaxy S8 atau Note 8

Langkah 3:

Perhatikan Voice wake-up di bagian bawah dengan latar belakang abu-abu. Tekan dan tahan tombol toggle tersebut, lalu seret ke atas dan letakkan di tempat yang diinginkan. Akan ada dua halaman yang terlihat, jika ingin mengaktifkannya di halaman kedua, pertama-tama pengguna harus menyeretnya ke tepi layar, tunggu sampai halaman kedua muncul, lalu lepaskan toggle bila telah menempatkannya di lokasi yang diinginkan.

Cara Membuat Tombol Khusus Bixby Voice di Galaxy S8 atau Note 8

Langkah 4:

Setelah meletakkan toggle di lokasi yang diinginkan, tekan tombol Done untuk menyimpan pengaturan quick toggles.

Cara Membuat Tombol Khusus Bixby Voice di Galaxy S8 atau Note 8

Sekarang pengguna sudah dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Bixbyís voice wake-up dengan menggunakan tombol toggle khusus dari panel quick toggles.