Cara Remap Tombol Fisik Bixby Galaxy S8 untuk Fungsi Lain

Bursahpsamsung.com – Samsung berulang kali membanggakan fitur Virtual Assistance berbasis Artificial Intelligence yang dinamakan Bixby sebagai salah satu nilai jual utama flagship terbaru mereka, Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Samsung bahkan memberikan fitur Bixby ini tombol fisik tersendiri yang terpasang di bagian samping kiri unit Galaxy S8 tepatnya di bawah tombol volume. Samsung bahkan sesumbar bahwa apa yang selama ini sering dilakukan pengguna akan bisa ditangani oleh Bixby dengan mudah. Vendor ini pun menyebutkan jika Bixby jauh meninggalkan Siri yang dimiliki oleh Apple.

Tombol fisik tambahan Bixby di Galaxy S8 ini berguna untuk mengaktifkan fitur ini dengan lebih cepat. Namun tahukah anda bahwa tombol Bixby ternyata juga bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur lain. Namun sebelumnya pengguna harus melakukan remap (memprogram ulang) tombol ini.

Sebuah video yang diposting di Reddit menunjukkan betapa mudahnya untuk melakukan remap tombol Bixby ini sehingga ketika ditekan, ia akan membuka fungsi lain. Ini dimungkinkan melalui aplikasi pihak ketiga yang dinamakan All in One Gestures yang sudah tersedia di Google Play Store (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.phoenixstudios.aiogestures&hl=en).


Advertisement

Bixby Galaxy S8

Pada video tersebut terlihat bahwa ketika tombol Bixby ditekan, homepage Google Now akan muncul dan bukannya asisten suara terbaru Bixby. Samsung sendiri tidak mengatakan bahwa tak mungkin untuk melakukan remap tombol tersebut dan tidak menawarkan cara untuk melakukannya secara default. Namun jelas sekarang bahwa tombol Bixby bisa dilakukan remapping jika pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebelumnya Samsung pun mempunyai tombol lain yang bisa dilakukan remapping yaitu pada Samsung Galaxy S7 Active. Hal tersebut pun tak menjadi masalah serius. Pengguna memang belum mengenal Bixby serta berbagai fitur yang diusungnya, sehingga tak dapat dibilang jika fitur asisten suara Bixby ini tak begitu berguna.

Bixby memang tak sebatas asisten suara saja. Namun memiliki sistem kerja yang dinamakan contextual understanding. Bixby bisa menyesuaikan diri dengan pengguna melalui empat fungsi pokok yaitu : bicara, melihat, menyarankan serta mengingatkan. Fungsi pribadi Bixby akan beradaptasi dengan segala sesuatu yang dipelajari dari kebiasaan, minat, situasi ataupun lokasi dari pengguna.