Rumor: Samsung Galaxy S8 Bakal Dilengkapi Bluetooth 5.0

Samsung Galaxy S8 – Sepertinya flagship terbaru yang tak lama lagi akan diluncurkan, Samsung Galaxy S8 menjadi smartphone dengan berbagai teknologi terbaru. Handset ini kemungkinan akan menjadi perangkat pertama dengan fitur pemindai sidik jari optik dan juga datang dengan Bluetooth 5.0. Spesifikasi Samsung Galaxy S8 untuk fitur pemindai sidik jari optik, sensornya akan tertanam di bawah layar yang dikembangkan oleh anak perusahaan Samsung Synaptic. Sementara Bluetooth 5.0 secara resmi telah diadopsi oleh Bluetooth Special Interest Group sebagai versi terbaru. Bluetooth versi 5.0 menjanjikan transfer yang lebih cepat, jangkauan yang lebih jauh dan kapasitas pesan broadcast yang lebih besar.

Termasuk kelebihan lainnya yaitu memberikan peningkatan interoperabilitas dan bisa disandingkan dengan teknologi nirkabel lainnya. Bluetooth SIG mengatakan bahwa standar terbaru ini menawarkan jangkauan empat kali lebih jauh, kecepatan dua kali lebih cepat dan delapan kali lebih besar dalam hal kapasitas transfer dibandingkan dengan Bluetooth 4.0. Samsung sendiri merupakan salah satu anggota konsorsium Bluetooth Special Interest Group yang akan menyematkannya ke Galaxy S8.

Samsung Galaxy S8

Kebanyakan pengguna protes saat Apple meniadakan keberadaan jack audio di perangkat iPhone 7. Akan tetapi sepertinya kecenderungan tersebut akan terus digunakan. Galaxy S8 yang segera dirilis sepertinya merupakan ponsel premium selanjutnya yang tak menghadirkan port itu. Tak tersedianya audio jack itu artinya pengguna cuma bisa mengandalkan headphone Bluetooth atau headphone yang sudah mengaplikasikan USB Type-C. Spesifikasi terkini lainnya dari Galaxy S8 ini memang tersedianya port USB Type-C yang akan menjadikan smartphone bisa mengisi baterai atau mentransfer file lebih cepat dari USB tipe lama.

Umumnya kamera depan smartphone hanya mengusung fokus tetap sebab fungsinya yang tak begitu penting. Akan tetapi dengan makin meningkatnya popularitas selfie membuat para vendor ingin memberikan modul kamera yang lebih bagus. Samsung akan membenamkan aktuator AF di kamera depan Galaxy S8. Perangkat keras tersebut bertugas menyelaraskan lensa sehingga obyek yang dijepret tak kehilangan fokus. Itu artinya berfoto selfie rame-rame yang dengan bantuan tongsis akan tetap menghasilkan fokus yang tinggi.

Baca Juga:  Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge Meluncur di India

Samsung Galaxy S8 diperkirakan akan dikenalkan ke publik pada triwulan pertama 2017 dan digadang-gadang akan menjadi ajang pengembalian nama baik Samsung sesudah kegagalan memalukan di Samsung Galaxy Note 7 beberapa waktu lalu.

Sumber