Kelebihan dan Kekurangan OS Tizen, Cari Tau Yuk!

Kelebihan dan Kekurangan OS Tizen – Sistem operasi Android memang sedang merajai platform smartphone dunia. Kenyataan itu bukan berarti Android adalah OS terbaik bagi telepon pintar sebab di luar sana masih ada beberapa platform mobile lain yang juga handal. Tizen adalah salah satunya, sistem operasi hasil pengembangan dari raksasa teknologi Samsung ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya pantas untuk diperhitungkan.

Tizen tadinya merupakan operating system bernama Meego yang dikembangkan oleh Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Akan tetapi Nokia kemudian memutuskan berhenti dan fokus ke sistem operasi Windows Phone. Alhasil Meego pun dicampakkan. OS Tizen kemudian digarap oleh Samsung yang bersinergi dengan Linux Foundation dengan berbasis OS komputer Linux yang sifatnya open source.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Tizen

Samsung pun mulai mengimplementasikan sistem operasi Tizen tersebut ke perangkat produksinya. Prouk pertama Samsung dengan platform Tizen adalah smartphone Samsung Z yang dikenalkan di perhelatan Tizen Developer Conference di kota San Francisco Amerika. Sebagaimana sistem operasi lain, OS Tizen pun membawa berbagai kelebihan sekaligus juga kekurangan. Beberapa poin kelebihan dan kelemahannya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Sistem Operasi Tizen :

– Mendukung penuh browser HTML5.
– Bisa menjalankan setiap aplikasi yang terdapat dalam sistem operasi Android.
– Sudah memiliki toko aplikasi tersendiri yaitu Tizen Store dengan koleksi sampai saat ini mencapai sekitar 6.500 aplikasi dan terus bertambah.
– Terbuka untuk digunakan di perangkat lain antara lain Smart TV, Smart camera maupun notebook.
– Support aplikasi third party berplatform WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native).
– Dukungan penuh dari Samsung sehingga terbuka luas kesempatan untuk dikembangkan.
– Secara keseluruhan sistem operasi Tizen lebih ringan dibanding sistem operasi Android yang artinya memerlukan tenaga pemrosesan dan memori lebih sedikit. Ini berimbas pada penggunaan baterai yang menjadi lebih irit.

Kekurangan Sistem Operasi Tizen :

– Sampai saat ini bukan menjadi bisnis utama Samsung, perangkat Android tetap menjadi prioritas produsen dari Korsel ini.
– Butuh waktu lebih lama agar masyarakat mau menggunakan perangkat dengan sistem operasi yang masih baru ini.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Z2

Untuk saat ini, hp Samsung berbasis OS Tizen yang sudah beredar di pasar smartphone Indonesia adalah Samsung Z2 yang harganya cukup terjamgkau namun memiliki kualitas yang sangat bagus.