9 Perbedaan Galaxy Note 5 dengan Galaxy Note 7

9 Perbedaan Galaxy Note 5 dengan Galaxy Note 7 – Untuk para pengguna Galaxy Note 5 yang hendak beralih ke tipe terbaru Galaxy Note 7 yang baru saja diluncurkan pihak Samsung, boleh jadi akan bertanya-tanya mengenai beda antara keduanya. Sekurang-kurangnya ada 9 perbedaan antara Galaxy Note 5 dan Galaxy Note 7 seperti dijelaskan dari uraian berikut ini :

1. Desain layar
Memang diagonal dan resolusi layar antara yang lama dan yang baru sama yaitu 5,7 inch dengan 2560 x 1440 piksel dengan teknologi Super AMOLED. Akan tetapi desain Note 7 menerapkan Dual Edge Display atau lengkung di sisi kanan dan kiri.

2. Sertifikasi tahan air dan debu
Perbedaan antara Galaxy Note 5 dan Galaxy Note 7 untuk yang terbaru sudah menyandang sertifikasi IP68. Pengakuan ini berarti perangkat ini tahan air dan debu. Mampu tetap berfungsi normal meski direndam dalam air berkedalaman 1,5 meter hingga 1/2 jam.

3. Kecanggihan Stylus Pen
Ciri khas Note Samsung memang dari adanya pena digital ini. Untuk seri terbaru ini kemampuannya banyak ditingkatkan. Antara lain ujung pena yang kian runcing menjadi 0,7 mm dari sebelumnya 1,6 mm. Kecuali itu S-Pen terbaru ini pun sudah menerapkan sistem magnetic yang makin responsif. Bahkan S Pen Note 7 ini tetap dapat berfungsi normal meski layar basah.

4. Fitur keamanan
Kecuali pemindai sidik jari, smartphone ini pun disertakan pemindai Iris (retina) yang dijanjikan lebih aman.

5. Storage eksternal
Kini pada Note 7 fungsi ekspansi memori dikembalikan lagi yang kapasitasnya bahkan bisa digenjot hingga 256 GB lewat kartu microSD.

6. Fitur kamera
Baik pada Note 5 maupun Note 7 keduanya membawa sensor kamera yang sama yaitu 12 MP untuk belakang dan 5 MP untuk depan. Yang membuat beda yaitu user interface pada Note 7 yang makin sederhana dan gampang dalam pengoperasian.

7. CPU
Galaxy Note 7 mengunggulkan processor seri Snapdragon 820 Octa core atau processor Exynos 8890 Octa core dengan ditunjang RAM 4 GB. Sementara Note 5 dibenamkan CPU Exynos 7420 Octa core dengan RAM yang juga 4 GB.

8. Kekuatan baterai
Daya baterai pada Note 7 kini didongkrak hingga 500 mAh hingga menjadi 3.500 mAh. Sedangkan baterai pada Note 5 hanya 3.000 mAH

9. Port USB
Galaxy Note 7 memiliki port USB Type-C yang unggul dalam kecepatan transfer data. Sementara pada Note 5 masih memanfaatkan port microUSB v2.0

Untuk melihat lebih jelasnya bedanya Galaxy Note 5 dengan Galaxy Note 7 dapat Anda lihat di infografic di bawah ini:

Perbedaan Galaxy Note 5 dengan Galaxy Note 7

Untuk mengetahui harga terbaru dari kedua flagship Samsung ini, bisa Anda lihat dibawah ini:

Harga Samsung Galaxy Note 5

Harga Samsung Galaxy Note 7