Fitur yang Diharapkan dari Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge

by

Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge – Semua penantian akan berakhir pada 21 Februari, dimana Samsung akan memperkenalkan Flagship terbarunya yang paling ditunggu-tunggu tepat sehari sebelum Mobile World Congres dimulai. Ya, mungkin semua seri Galaxy S selalu mendapatkan title sebagai flagship paling ditunggu sebelum tanggal perilisannya. Hal tersebut tampaknya wajar, mengingat produk ini merupakan smartphone kelas atas terlaris selain iPhone. Tetapi, publikasi yang berlebihan mengenai Galaxy S7 (dan Galaxy S7 Edge) sepertinya berbeda dengan bocoran yang beredar. Ini membuat kita sulit untuk menyimpulkan tentang apa yang akan ditunjukkan oleh raksasa Korea ini pada acara perilisannya nanti.

Salah satu fitur andalan dari Galaxy S7 adalah adanya pressure—sensing touchscreen, sebuah fitur yang mirip dengan 3D Touch Technology dari Apple.  Kemudian, scanner retina juga disebut-sebut  akan menjadi bagian dalam paket S7 sebagai tambahan untuk teknologi sensor sidik jari. Mungkin saja bocoran tersebut belum tentu benar dan Samsung juga masih menjaganya sebagai rahasia. Tetapi,banyak konsumen yang tidak terlalu mengharapkan versi Force Touch dari Samsung atau scanner retina pada Galaxy S7.

Samsung-Galaxys7-Galaxy-s7-edge

Apa yang diharapkan dan apa yang telah terkonfirmasi sejauh ini adalah adanya slot microSD. Hal ini telah dikonfirmasi beberapa bulan lalu. Tahun 2015 berlalu dengan tidak adanya flagship Samsung yang menawarkan fitur penyimpanan tambahan. Sepertinya, hal ini berakibat juga pada tingkat penjualannya.  Seperti yang diketahui, Samsung telah membuat kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB pada Note 5 dan Galaxy S6+. Jadi tidak mengherankan jika konsumen sangat antusias dengan kembalinya fitur Slot MicroSD ini.

Galaxy S7 juga diharapkan hadir dengan kapasitas baterai sebesar 3000 mAh dan 3600 mAh pada S7 Edge 5.5 inch. Baterai ini mampu bertahan selama 17 jam untuk menonton video dengan tingkat kecerahan maksimal. Walaupun non-removable, tetapi dengan ketahanannya, konsumen tidak perlu khawatir karena baterai tetap bisa diperbaiki jika mengalami kerusakan meskipun tak bisa diakses secara bebas. Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge adalah handphone yang luar biasa. Maka tak heran suksesornya bisa memperbaiki kualitas ketahanan baterai yang ditawarkan oleh duo S6 tersebut.

Pada sisi pengambilan gambar, Samsung memutuskan untuk menggunakan sensor sebesar 12 MP. Lebih rendah dari sensor 16 MP yang digunakan pada seri sebelumnya. Tetapi, jangan khawatir karena sensor baru tersebut tetap memiliki kemampuan luar biasa dalam mengambil gambar meski dalam kualitas cahaya rendah. Aperturenya sebesar f/1.7 dan memiliki kapasitas yang lebih besar. Memang tidak ada perubahan yang signifikan dari generasi sebelumnya, tetapi secara keseluruhan performa kameranya bisa dibilang luar biasa.

Pada sisi dapur pacu ponsel, prosesor Enyxos 7420 akan menggantikan Enyxos 8890 dan Snapdragon 800. Prosesor tersebut dirasa akan sangat baik dan performanya pun akan meningkat dengan kehadiran chip baru. Sebagai tambahan, kapasitas RAM yang dimilikinya akan menjadi 4 GB. Dan pada fitur penyimpanan, Samsung menawarkan pilihan 32 GB dan 64 GB. Selain itu, S7 akan didesain dengan port USB type-C dengan kecepatan pengisian daya 100 menit.

Berbicara mengenai desain, tak ada yang banyak berubah sejauh ini. Antara Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge akan terlihat mirip seperti pendahulunya. Hanya saja,Galaxy S7 Edge akan hadir dengan layar 5.5 inch (QuadCore Super AMOLED). Rumor mengatakan kedua perangkat ini juga akan tahan air, sebuah fitur yang telah diuji coba Samsung pada Galaxy S5 Active. Sedangkan panel Edge pada S7 Edge  menawarkan fitur yang sama dengan yang ada pada S6 Edge marshmallow. Mengenai marshmallow, Android 6.0.1 ini diyakini akan berjalan pada kedua perangkat S7 dengan beberapa perubahan pada Touchwiz UX Marshmallow.

Galaxy S7 dan S7 Edge mungkin saja adalah produk yang paling ditunggu untuk seri Galaxy S. Jika semua rumor benar, maka kita bisa mendapatkan smartphone yang bisa dibilang sempurna dan lebih dari Galaxy Note 5. Bagaimanapun juga, Samsung sekarang ini telah memiliki lebih dari satu tahun pengalaman dalam membuat perangkat berbahan metal dan kaca. Oleh karena itu, sekarang mereka bisa lebih fokus untuk menghadirkan kesan premium yang dicari oleh banyak orang.