Tips Agar Baterai Smartphone Samsung Anda Jadi Lebih Awet

Bursahpsamsung.com – Smartphone tidak hanya digunakan untuk telepon dan SMS saja. Hal-hal lain seperti browsing, memutar video, mendengarkan musik, atau bermain game sudah biasa kita lakukan sehari-hari dengan smartphone. Jika kita terlalu sering menggunakan smartphone untuk main game atau menonton video, baterai smartphone pasti akan lebih cepat rusak dan tidak akan bertahan lama.

Lalu bagaimana caranya agar baterai smartphone Samsung kita tetap awet? Simak tips-tips berikut ini.

Tips Agar Baterai Smartphone Samsung Anda Jadi Lebih Awet

Charge smartphone secara teratur

Sebagian besar smartphone Samsung atau hp Android lainnya saat ini menggunakan baterai lithium, dan baterai ini akan bertahan lebih lama jika anda jaga supaya daya baterai selalu berada di atas 50 persen. Terlalu sering membiarkan baterai habis, sampai 0 persen misalnya, bisa memperpendek usia baterai  dan memperkecil kapasitasnya.

Pengaturan kecerahan, getar dan mode penghemat daya

Baterai smartphone akan tetap berkurang meski sedang tidak dipakai. Pengaturan daya yang benar bisa membantu anda untuk lebih menghemat baterai. Atur kecerahan layar atau brightness pada mode auto agar kecerahan layar bisa disesuaikan dengan lingkungan sehingga baterai tidak terkuras untuk layar yang terlalu terang.

Pengaturan getar juga penting karena getaran SMS atau pemberitahuan juga menghabiskan daya baterai ponsel Samsung Anda. Matikan pengaturan getar untuk pemberitahuan yang tidak terlalu penting.

Setiap smartphone Samsung juga dilengkapi dengan mode penghemat daya. Aktifkan mode ini agar fitur-fitur yang tidak terpakai seperti GPS dan Bluetooth bisa mati secara otomatis saat anda mematikan layar smartphone anda.

GPS dan aplikasi lain

Mengaktifkan GPS terus menerus dapat membuat baterai anda cepat habis. GPS dan penanda lokasi yang lain akan tetap online untuk menentukan dimana lokasi anda berada. Oleh karena itu, agar baterai smartphone Samsung Anda tetap hemat, matikan GPS dan Maps jika memang tidak diperlukan.

Selain GPS, ada juga beberapa aplikasi yang tetap berjalan walaupun kita sudah mematikan layar smartphone. Aplikasi-aplikasi inilah yang biasanya membuat baterai ponsel Samsung cepat habis. Pastikan anda selalu mengecek di bagian running apps dan matikan aplikasi yang tidak anda perlukan.