Cara Menghentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan di Samsung Galaxy Tab

Tidak seperti beberapa gadget kebanyakan, Samsung Galaxy Tab terbaru memiliki fungsi multitasking. Artinya, menutup sebuah aplikasi tidak berarti menghentikan kinerja aplikasi secara permanen. Dengan beberapa langkah mudah, anda dapat membuat aplikasi-aplikasi yang kurang penting untuk berhenti secara total. Namun anda tetap bisa menggunakannya sewaktu-waktu dengan cara membukanya kembali.

Kembali ke Layar Utama Setelah Anda Selesai Menggunakan Aplikasi

Cara paling simpel dan mudah yang sudah sering digunakan adalah dengan cara menekan tombol Home. Tombol ini adalah tombol utama yang terletak dibawah layar bagian tengah. Tombol ini akan membawa anda kembali ke halaman utama tablet sehingga anda dapat memilih aplikasi lain untuk dibuka. Sayangnya, cara ini masih menyisakan beberapa aplikasi lain untuk tetap berjalan dan menggunakan ram yang ada.

Samsung Galaxy Tab

samsung galaxy tab

Menggeser Aplikasi dari “Recent Button”

Untuk menghentikan aplikasi secara total, anda juga dapat membuka “recent button” tombol ini biasanya terletak di bagian kanan atau kiri tombol Home. Ketika anda menyentuh tombol ini maka ada beberapa aplikasi yang baru saja anda buka. Untuk menutupnya, anda bisa melakukan drag pada setiap aplikasi yang ada. Cara lebih mudah dapat anda lakukan dengan memilih tombol “Close All” yang biasanya terdapat pada sisi bawah dari daftar aplikasi terbaru tersebut.

Menghentikan Aplikasi Bermasalah Secara Cepat

Jika sebuah aplikasi mendadak berhenti atau tidak merespon, anda bisa menekan tombol Home. Jika aplikasi tersebut tetap tidak memiliki perubahan bahkan ketika tombol Home ditekan, cara terakhir yang bisa anda gunakan adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali Smartphone anda. Dari layar utama atau Home Screen, anda bisa membuka panel notifikasi dari atas ke bawah dan menekan ikon Settings untuk melakukan pengaturan lebih lanjut terhadap aplikasi yang mudah “hang” tersebut.

Baca Juga:  Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S2 9,7 Inci November 2017

Melakukan Install Ulang Aplikasi

Jika anda menemukan permasalahan yang terus menerus dalam sebuah aplikasi, maka yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menekan tombol Uninstall dari menu Applications Manager. Setelah anda sukses melakukan proses Uninstall, anda bisa mendownload versi paling baru dari aplikasi tersebut dari menu Samsung Galaxy Apps atau GooglePlay. Aplikasi berbayar dapat diinstal ulang tanpa perlu membayar untuk kedua kalinya.