Cara Backup Data HP Samsung ke PC / Lapatop Dengan Aman

Cara backup data dari hp Samsung ke PC cukuplah mudah, demi kenyamanan pengguna pabrikan ponsel pintar asal Korea Selatan ini menawarkan berbagai kelebihan. Dimana smartphone dari Samsung telah dibekali dengan fitur terbaru hingga urusan keamanan data dari penggunanya, semisal kemudahan dalam backup dan restore data.

Pada era yang serba digital seperti saat ini penggunaan smartphone terbilang sangat penting, sehingga data penting dari pengguna juga tersimpan dalam smartphone. Mulai dari data menggenai pelajaran, pekerjaan, pribadi sampai data penting lainnya yang jelas tidak boleh terhapus ataupun hilang.

| Baca Juga : Cara Menghapus Data Cache di HP Samsung

Namun untuk mencegah terjadinya kehilangan data di hp Samsung, maka kita wajib untuk memiliki suatu cara yang dapat melindungi agar tetap aman. Cara paling mudah yang bisa kita lakukan ialah dengan melakukan backup atau mencadangkan data yang tersimpan dalam hp Samsung ke PC ataupun laptop.

Cara Backup Data HP Samsung ke PC / Laptop

Menyadari akan penting dan sensitifnya data pengguna, Samsung telah menyediakan beberapa cara yang berguna untuk backup dan restore data pada  ponsel Android. Dimana cara yang paling mudah dan banyak digunakan orang yakni dengan menggunakan software backup bawaan Samsung yang bernama Smart Switch PC.

Smart Switch ini sendiri merupakan aplikasi buatan Samsung yang di khususkan untuk pengguna hp Samsung agar dapat dengan mudah dan cepat mencadangkan (backup) data mereka ke PC ataupun laptop. Dimana hampir semua data yang tersimpan dalam smartphone dapat di backup, termasuk data pesan, foto, musik, video, contact, dan banyak lagi.

Backup Data HP Samsung

Untuk mencadangkan data Samsung menggunakan Smart Switch caranya juga terbilang mudah, dimana kita hanya perlu download dan instal aplikasi tersebut ke PC atau laptop. Bagi yang belum tahu cara backup data Samsung ke PC, maka langsung saja menyimak langkah-langkah mudah dari BursaHpSamsung berikut ini.

| Baca Juga : Cara Mudah Backup Kontak di HP Samsung

  1. Langkah pertama, silahkan kamu nyalakan PC atau laptop kalian.
  2. Kemudian unduh dan instal software Smart Switch PC, atau kamu bisa mendapatkan software tersebut pada link berikut (Download Smart Switch).
  3. Jika sudah, jalankan Smart Switch di PC atau laptop kalian.
  4. Apabila telah muncul tampilan Welcome to Smart Switch, lalu hubungkan hp Samsung ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Setelah terhubung, pada layar hp Samsung akan muncul jendela popup permintaan izin hak akses ke data ponsel lalu kamu tekan saja tombol “Allow”.
  6. Berpindah ke tampilan layar komputer, tekan tombol menu “Backup” di jendela software Smart Switch.
  7. Kemudian proses backup data ponsel akan otomatis berjalan, tunggu hingga proses selesai.
  8. Jika proses backup sukses, maka pada jendela Smart Switch akan muncul keterangan “Backup has been complate”.

Apabila ingin mengembalikan atau restore data ponsel Samsung kamu hanya perlu mengulangi pada langkah nomor 3 – 5, lalu langkah berikutnya kamu hanya perlu tekan menu restore. Kalian bisa pilih menu “Restore > lalu pilih Restore Now”, kemudian tunggu hingga proses selesai.

| Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur NFC di HP Samsung

Itulah cara mudah untuk backup data hp Samsung Galaxy ke PC atau laptop dengan aman dan cepat. Demikian informasi singkat dari kami, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Simak juga berbagai informasi menarik dari ponsel samsung lainnya di Bursa HP Samsung.