Samsung Pay Kian di Butuhkan Oleh Banyak Orang

by

Samsung Pay Kian di Butuhkan Oleh Banyak Orang. Setiap Harinya, Setidaknya 25.000 Orang Mendaftarkan Diri untuk Menggunakan Samsung Pay. Saat ini, sistem pembayaran telah memiliki beragam bentuk dan sarana. Pembayaran tak lagi sekedar dilayani oleh bank. Pembayaran dengan kartu kredit atau debet pun tak lagi menjadi satu-satunya sistem pembayaran yang paling praktis.

Hal ini tentu ada kaitannya dengan semakin berkembangnya sistem perangkat online yang dibarengi dengan perkembangan teknologi informasi serta terus meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan tablet. Ada pihak-pihak yang mengembangkan sistem pembayaran yang semakin praktis, sehingga bisa menarik sebanyak mungkin orang agar menjadi pengguna layanan yang dikembangkan tersebut.

Terkait dengan hal ini, Samsung menjadi salah satu yang tak bisa diabaikan. Ada beragam antisipasi yang dibuat oleh berbagai pihak terkait dengan layanan pembayaran terbaru dari Samsung dan bagaimana layanan ini akan berkompetisi dengan layanan yang disediakan oleh rival Samsung dan telah lebih dulu ada. Terkait dengan hal itu, Samsung Pay telah dirilis di Korea Selatan pada bulan lalu dan layanan tersebut akan segera meluncur ke Amerika Serikat di bulan ini.

samsung-pay-2

cara menggunakan samsung pay

Pihak Samsung pun telah melihat respon antusias dari para pengguna layanan tersebut di rumah perusahaan Samsung ini. Catatan menunjukkan bahwa telah banyak orang yang mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan terbaru dari Samsung tersebut di minggu pertama layanan itu dirilis. Injong Rhee, Wakil Presiden Eksekutif Samsung Electronics dan pimpinan tim pengembang layanan Samsung Pay, mengatakan bahwa setiap harinya, sekitar 25.000 orang mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan Samsung Pay tersebut.

Rhee juga mengatakan bahwa penggunaan layanan tersebut telah meningkat dengan cepat sejak pertama kali layanan ini diluncurkan. Dari informasi yang disampaikan, layanan ini telah mencatatkan rata-rata transaksi harian sebesar 750 juta won Korea Selatan (setara dengan $630,000). Walau Injong Rhee tidak mengatakan seberapa sering pengguna layanan di Korea Selatan melakukan transaksi pembayaran dengan Samsung Pay, dia mengatakan bahwa “sebagian besar” pengguna Samsung Galaxy Note5 di negaranya telah menggunakan layanan Samsung Pay tersebut dan selama versi beta dirilis, jumlah pengguna layanan yang melakukan pembayaran lebih dari satu kali dengan Samsung Pay mencapai 80-90% dari total pengguna Samsung Pay yang ada.

Samsung menganggap kartu debet sebagai competitor terbesar bagi Samsung Pay. Sedangkan rival lain yang juga menggunakan layanan pembayaran mobile tidaklah dirasakan menjadi pesaing terbesar Samsung. Karena adanya penggunaan transaksi NFC dan MST, Samsung perlu memberikan insentif pada para pengguna kartu kredit agar mereka mau menggunakan layanan Samsung Pay dan meninggal kartu mereka dalam melakukan transaksi.

Salah satu insentifnya adalah berupa kemampuan untuk menggunakan kartu kredit, kartu hadiah khusus, kartu pelanggan department store, kartu hadiah, serta kartu dari brand khusus yang umumnya tidak akan bisa berfungsi bila digunakan dengan kartu debet pada umumnya. Dia juga mengatakan bahwa di masa depan, fitur-fitur lainnya akan diberikan, termasuk juga fitur layanan yang berbasis pada lokasi pengguna yang bisa memberikan notifikasi pada pengguna terkait kupon-kupon yang ada di sekitar pengguna layanan Samsung ini.

Saat ini, Samsung Pay masih melakukan pengujian versi beta di Amerika Serikat dan akan merilis layanan tersebut secara resmi pada 28 September. Rhee mengatakan bahwa pengujian versi beta ini juga akan dilakukan di negara-negara lain, antara lain Inggris dan Spanyol. Sebelumnya, Samsung juga telah mengatakan suatu informasi terkait usaha untuk memperluas layanan pembayaran ini ke negara-negara di Eropa, termasuk juga ke Cina di tahun ini.

samsung-pay-3

 

Cara Menggunakan Samsung pay juga cukup mudah. Ada 3 langkah yang bisa Anda lakukan yakni.

  1. Anda tingal klik aplikasi Samsung Pay
  2. Lalu Authorize payment dengan cara men-scan jari Anda
  3. Kemudian Anda tinggal dekatkan saja ponsel di dekat card-reader. Selesai. Anda bisa melihat gambar diatas untuk lebih jelasnya.

Smartphone Samsung yang sudah mendukung fasilitas Samsung Pay antara lain Samsung Galaxy S6 Edge Plus, Galaxy Note 5, Galaxy S6 Edge dan Galaxy S6 Plus.

Source