Chip RAM terbaru dari Samsung Memungkinkan Munculnya Smartphone dengan Kapasitas RAM 6GB

Bursahpsamsung.com – Saat ini, kapasitas RAM menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam perkembangan smartphone. Dalam beberapa waktu belakangan ini, banyak perusahaan yang menawarkan smartphone dengan kapasitas RAM yang besar. Samsung pun tidak mau tinggal diam.

Belum lama ini, Samsung baru saja mengumumkan bahwa mereka baru saja memulai produksi massal untuk chip RAM 12 Gb LPDDR4 yang menggunakan teknologi prosesor 20nm. Sampai saat ini, Samsung masih menjadi satu-satunya dan yang pertama mengembangkan dan mengkombinasikan dua spesifikasi tersebut. Sebagaimana yang diungkapkan Samsung dalam konverensi pers yang diadakan, teknologi prosesor dan RAM ini akan memungkinkan dibuatnya suatu perangkat smartphone yang memiliki kapasitas RAM sebesar 6 GB.

Dalam hal ini, barang kali ada sedikit kebingungan dengan konsep kapasitas RAM yang disebutkan, oleh karena itu perlu dipahami dengan baik perbedaan arti dari penggunaan huruf “b” kecil dan “B” dalam penyebutan kapasitas RAM tersebut. Gb merujuk pada ukuran Gigabit, sedangkan GB merupakan ukuran untuk GigaByte. Dalam perhitungannya, dalam satu byte terdapat 8 bit. Dengan demikian, kapasitas RAM dengan 12 Gb berarti bahwa RAM tersebut mampu memuat informasi sebesar 1.5 GB. Dengan mengkombinasikan empat cip RAM 12 Gb, maka itu berarti bahwa Samsung mampu membuat smartphone dengan kapasitas RAM mencapai 6 GB.

Berdasarkan informasi yang diungkapkan oleh Samsung, chip RAM 12Gb LPDDR4 akan memiliki kecepatan 30% lebih tinggi dibandingkan dengan chip RAM 8Gb. Selain itu, perangkat chip terbaru dari Samsung ini juga mampu meningkatkan efisiensi penggunaan daya baterai sebesar 20%.

Bila menilik lagi pada bulan Desember 2014, maka kita bisa melihat bahwa pada saat itu, Samsung menjadi perusahaan pertama yang memproduksi secara massal perangkat chip RAM LPDDR4 dengan kapasitas 8Gb (1GB). Berangkat dari hal tersebut, beberapa perangkat smartphone, seperti OnePlus 2, Samsung Galaxy S6 edge+, serta Galaxy Note 5, menggunakan empat buah chip 8Gb dari Samsung tersebut, sehingga perangkat smartphone tersebut memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB, yang saat ini menjadi ukuran RAM terbesar yang digunakan beberapa perangkat unggulan. Beberapa perangkat smartphone dari vendor lain juga menawarkan kapasitas RAM yang sama.

Dengan adanya teknologi chip RAM terbaru ini, Samsung mengatakan bahwa produk unggulan mereka nantinya akan hadir dengan kapasitas RAM sebesar 6GB, yang akan memungkinkan adanya “multitasking yang lancar dan tanpa kendala serta kinerja maksimal yang hadir dalam sistem operasi terbaru”. Biar bagaimana pun juga, meskipun 1.5 GB yang lebih besar pada umumnya akan memberikan kinerja lebih bagus bagi perangkat komputasi, hingga saat ini masih belum bisa dipastikan apakah kapasitas RAM sebesar 6 GB tersebut justru akan menjadi hal yang berlebihan dan tidak efektif. Hal ini baru bisa dipastikan hingga perangkat berkapasitas RAM 6 GB tersebut berhasil dibuat dan dilakukan pengecekan.

Source