Galaxy Note 5 Sudah Keluar, Kok Bisa??

Bursahpsamsung.com – Kembali ke tahun 2011, Samsung adalah brand yang mendobrak pasaran teknologi dengan terobosan phablet (phone-tablet) mereka bertajuk Samsung Note 5.3”. Sejak saat itu, Samsung menjadi contoh bagi beberapa pabrikan untuk memproduksi yang sekiranya mampu menandingi serial note. Walaupun begitu, Samsung menjadi nama yang satu-satunya selalu teringat ketika berkomunikasi dengan note yang khas dengan layar besarnya. Pada 2015 ini, seperti sudah tahu bahwa banyak orang telah menunggu-nunggu invoasi apa yang akan dihadirkan, Samsung telah menjadwalkan koleksi terbaru dari Galaxy Note 5 untuk ditunjukkan pada masyarakat pada sebuah pameran di kota New York. Tidak perlu membuang waktu lebih banyak lagi, agenda ini telah dijadwal untuk dilaksanakan pertengahan Agustus besok.

Belum sempat secara resmi diperkenalkan oleh Samsung, telah banyak bocoran tentang note yang satu ini yang menyeruak di sejumlah portal berita online. Sebagian orang cukup beruntung untuk mendapat kesempatan mengintip hasil karya Samsung yang direncanakan akan menguasai pasar smartphone dekat-dekat ini. Bukan tanpa alasan. Pasalnya, saingan terberat Samsung yang tidak lain tidak bukan adalah iPhone, baru akan mengeluarkan produk teranyarnya bertajuk iPhone 6S September mendatang.

Ya, memang di dunia seperti inilah kita hidup: dunia yang erat sekali dengan perkembangan teknologi. Buat apa menanti perkenalan dengan Galaxy Note 5, buat apa jauh-jauh pergi ke New York untuk menyaksikan rupanya untuk pertama kali—inilah gunanya internet.

Perilisan Galaxy Note 5 yang hendak digelar tidak lama lagi tentu membuat kita penasaran menilik seperti apa item ini sebenarnya. Rasa penasaran ini sepertinya yang mendorong kita untuk mencari tahu lebih banyak tentang keluaran terbaru ini, bahkan sebelum peluncurannya oleh Samsung. Sedikit banyak, spesifikasi dan foto-foto Galaxy Note 5 telah menghiasi laman online. Berdasarkan beberapa sumber yang mulai membuka identitas item ini dari berbagai sisi, inilah serangkaian kabar yang bisa Anda tambah ke dalam catatan.

Melalui sebuah foto yang terdiri dari tiga grid penampilan Galaxy Note 5 secara keseluruhan, Anda dapat melihat secara jelas bagaimana kelihatannya produk Galaxy Note 5 ini berada dalam genggaman tangan. Samsung ternyata masih setia dengan ciri khas note yang kita sadari juga sebagai aksen yang melambungkan merek dagang tersebut: ukuran layar yang tergolong jumbo. Dengan sentuhan metal pada bingkainya dan kaca pada panelnya, Galaxy Note 5 bahkan nampak lebih besar dari ukuran Galaxy S6 yang sudah ada di pasaran sebelumnya.

Kendati demikian, kemiripan di sisi ini dan itu tetap menyimpan perbedaan diantara produk-produk keluaran Samsung: Galaxy Note 5 nampak berbeda pada bagian belakang berkat lekukan yang lebih lembut yang sepertinya dipersiapkan Samsung menjadi hadiah yang menyenangkan. Selain terkesan jelas bahwa item yang satu ini tidak main-main dengan elemen berbahan premiumnya, lekukan tadi, dengan pemikiran matang, memang ditujukan untuk membuat para pengguna lebih mantap mengenggam si note. Lebih lanjut, Galaxy Note 5 juga dirancang untuk memiliki desain yang tidak terlalu tebal agar pengguna merasa nyaman pula kala memegangnya.

Di bagian bawah Galaxy Note 5, kita dapat menemukan slot untuk S Pen yang akan memudahkan kita dalam bekerja, microUSB port (bukan lagi USB tipe C), spot untuk pengeras suara atau speakerphone, headphone jack, dan beberapa komponen lainnya yang nampak apik dan menghiasi sepanjang layar. Layar dari Galaxy Note 5 sendiri, seperti yang dikatakan tadi, berukuran jumbo. Layar yang terbentang seukuran 5.7 inchi siap mengantar Anda ke dalam dunia komunikasi canggih, dengan resolusi Quad HD dan dilengkapi dengan karakteristik 2560 x 1440 Super AMOLED yang telah membuat Samsung mencuri hati banyak pecinta gadget lewat kreasi note-nya.

Dalam hal spesifikasi, telah disebutkan bahwa Galaxy Note 5 akan didukung dengan RAM sebesar 4 GB, pilihan penyimpanan data dengan variasi 32, 64 dan 128 GB, resolusi kamera yang digadang-gadang akan memuaskan penggemar selfie: 16 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan, serta baterai terpasang (removable battery) berkekuatan 3000 mAh yang diprediksi cukup untuk digunakan selama 2-3 hari. Sayangnya, kali ini Samsung tidak menyiapkan model ini dengan ketersediaan pemasangan microSD slot.

Absennya baterai dan slot untuk SD card menuai cukup banyak komentar miring. Kapasitas baterai yang “hanya” 3000 mAh agaknya dinilai kurang untuk menunjang aktivitas, sehubungan dengan tren masa kini yang lebih cenderung berpihak pada penggunaan baterai 3200 mAh. Walaupun begitu, inilah kesempatan emas Samsung untuk membuktikan keahliannya dalam memperbaiki sistem yang harapannya akan membuat kita mampu menikmati keperluan dengan Galaxy 5 Note selama 3-4 hari dengan perawatan baterai yang mumpuni. Di sisi lain, metode instalasi baterai seperti ini sudah diterapkan sejak Galaxy S6 hadir. Sejalan dengan dihilangkannya tempat untuk microSD, Samsung diyakini menjatuhkan pilihan pada formasi phablet yang seperti ini guna mencapai target kelahiran sebuah note yang mudah digenggam dan relatif langsing.

Galaxy Note 5 mengusung sistem operasi Android 5.1.1, sementara kapabilitas dapur pacunya berasal dari chipset Exynos 7420. Akhirnya, dari gambar yang diperoleh, kita juga dapat melihat menu terbaru yang disisipkan pada berupa Air Command, meliputi berbagai pilihan program seperti S Note, Settings, Action Memo, Smart Select, Screen Write, dan bahkan Instagram

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Samsung begitu cekatan dalam menghadirkan jalan pintas (shortcut) ke situs Instagram, seperti yang telah kami sebutkan akan dapat ditemui di tampilan Galaxy Note 5 terbaru. Samsung barangkali sangat paham bahwa media imaging tersebut telah menjadi bagian dari hidup kebanyakan orang, yang kemudian diimplementasikan ke sebuah ikon Instagram dalam rangkaian fitur Air Command. Untuk Anda ketahui, ikon-ikon atau opsi dalam Air Command tentu dapat Anda personalisasikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Satu hal yang pasti, kita sangat senang menyambut kehadiran Air Command yang harapannya akan membuat segala aktivtias lebih nyaman.

Harus diakui bahwa Samsung Galaxy Note 5 akan menjadi salah satu item yang paling diantispasi kelahirannya pada semester dua di 2015 ini. Meskipun, ya, bocoran tentang spesifikasi kunci dan bagaimana sekiranya penampilan jagoan Samsung yang satu ini sudah merebak dimana-mana.

Galaxy Note 5 dapat dikatakan sebagai sebuah item dengan perlengkapan teknologi mutakhir yang tepat digunakan untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan bisnis dan keperluan media sosial. Dengan perawatan yang baik, tentunya juga dengan kepedulian untuk mengoptimalkan note itu sendiri, akan menambah deretan pengalaman berarti dengan phablet pabrikan Samsung. Rentang harga 700-800 USD jadi terbilang sangat pas untuk sebuah note canggih dan moderen dari segi desain. Bagaimana menurut Anda kemampuan Galaxy Note 5? Akankah menjadi satu dari sekian barang yang Anda paling inginkan tahun ini?