Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ Resmi Dirilis Samsung

Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ – Akhirnya Samsung meresmikan 2 phablet terbarunya malam ini waktu Indonesia Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ di acara “Galaxy Unpacked 2015” di New York Amerika Serikat.

Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ memiliki ukuran layar yang sama yakni 5,7 inci Quad HD Super Amoled beresolusi 2.560×1.440 piksel dengan kedalaman 518 ppi (piksel per inci).

Keduanya juga memiliki kesamaan di sisi lain. Seperti memiliki kapasitas RAM 4 GB, prosesor octa-core (2,1 GHz quad core + 1,5 GHz quad core) dengan fabrikasi 14nm, serta kapasitas baterai 3.000 mAh, wireless charger dan kamera 16 megapiksel (kamera belakang) dan 5 megapiksel (kamera depan).

Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+

Walaupun memiliki kesamaan, namun GalaxyNote 5 serta Galaxy S6 Edge+ ditargetkan untuk pasar yang berbeda. Galaxy Note 5 seperti para pendahulunya ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan perangkat ponsel yang powerful untuk menunjang produktifitas.

Sedangkan Galaxy S6 Edge+ hadir dengan desain yang lebih elegan, serta gaya yang cocok untuk pengguna yang menginginkan sebuah ponsel tangguh yang unggul di sektor multimedia.

Lalu apa saja kelebihan dari kedua handset premium Samsung tersebut, simak ulasannya :

Cover Keyboard

Keyboard cover adalah salah satu aksesoris yang diperkenalkan oleh Samsung dalam acara peluncuran Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+. Sifatnya yang hanya sebagai pemanis gadget, keyboard cover tersebut memiliki desain mewah dengan material bertekstur. Sangat nyaman saat di tes untuk mengetik.

Multi Window

Sudah berapa kali Anda kesulitan dalam mengecek undangan dan melihat jadwal Anda pada kalender? Sekarang, Anda akan dimudahkan untuk membuka banyak jendela, misalnya Perpesanan dan Kalender, secara bersamaan dengan piranti Galaxy Anda.

Selfie Cam

Mengetuk tombol Home adalah akses tercepat ke aplikasi Kamera dalam kondisi apapun. Tidak hanya hasil selfie yang bagus karena layarnya yang lebar, Galaxy S6 dan S6 Edge juga memberikan sebuah sensor di bagian belakang untuk mengambil gambar. Lebih lanjut, mode Dual Camera-nya, satu dari sekian banyak mode yang Anda bisa unduh, membuat Anda dapat mengambil gambar dari kedua kamera secara bersamaan. Hal ini sangat bagus ketika Anda ingin ber-selfie sembari mengambil pemandangan.

Power Saving Mode

Dengan Mode Penghemat Baterai, Anda dapat memperpanjang kapasitas daya dengan mudah. Mode ini akan membatasi kerja CPU, mengurangi kecerahan layar dan akan secepatnya menerapkan mode sleep ketika piranti tidak digunakan, serta mampu mengaplikasikan mode hitam-putih pada layar dan membatasi jumlah aplikasi yang sedang tidak digunakan.

Wireless and Fast Charging

Dengan kapasitas baterai di bawah3,000mAh, Anda bisa jadi khawatir, tapi Galaxy S6 dan S6 Edge juga telah dilengkapi dengan kemampuan mutakhir dalam hal pengisian daya baterai (charging). Kemampuan tersebut tidak lain adalah pengisian daya tanpa kabel sehingga tidak perlu lagi untuk memiliki peralatan tambahan. Lebih lanjut, kemampuan mengisi daya-pun semakin cepat, yaitu sekitar 80 menit saja untuk mengisi penuh daya baterai.

Samsung Pay

Ketika piranti lain masih memerlukan tes sidik jari dan Near Field Communication (NFC) sebagai perantara kegiatan pembayaran online, Samsung Pay telah terhubung dengan NFC dan Magentic Secure Transmission (MST) secara otomatis sehingga penggunanya dapat melakukan pembayaran di PoS terminal manapun.

Privasi Penuh

Mode Privat tersedia pada berbagai piranti Samsung, termasuk pada Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+. Mode ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan pada Quick Settings. Ketika mode ini aktif, Anda dapat membuat sebuah folder privat dalam My Files, kemudian Anda akan menemukan sejumlah album foto yang Anda atur privasinya sudah tidak terlihat, baik di galeri maupun di daftar folder. Untuk membuat mode ini nonaktif, Anda harus melalui tes sidik jari.

S Health

S Health bisa jadi akan menjadi pendamping setia Anda dalam urusan gaya hidup sehat. Dengan bantuannya, Anda akan dapat mengecek kegiatan rutin Anda, memperoleh saran untuk mencapai tujuan Anda, serta meningkatkan kebugaran dengan berbagai pelatihan.

Screenshot dengan Gestur Tangan

Anda dapat mengambil screenshot dengan sangat simpel, yaitu dengan menggeser telapak tangan Anda di hadapan layar. Belum ada piranti yang menerapkan fitur seperti ini, itu berarti, ini adalah pengalaman pertama Anda mengambil gambar dan mengirimkannya dengan sangat cepat, yaitu dengan gestur tangan.

Selain kelebihan-kelebihan Galaxy Note 5 dan S6 Edge+ di atas, keduanya juga mengizinkan penggunanya untuk sesuka hati mengatur bagaimana homescreen mereka akan terlihat, mulai dari memasang tema, memindah ikon hingga mengganti huruf. Menyadari segala kebaikan Samsung, rasanya kini kita mengerti bahwa brand ini benar-benar berusaha menjawab semua keinginan publik dan membuat aktivitas sehari-hari menjadi mudah.

Seiring dengan tenggelamnya eksistensi handphone biasa, kita semakin sering mendapati device masa kini berganti-ganti ukuran, mulai dari kecil ke besar dan berubah terus-menerus. Belakangan ini, kita justru sering menemui device dengan ukuran yang cenderung besar untuk berbagai model. Dan ukuran yang besar itu memberikan beberapa keuntungan. Ketika berbicara mengenai ukuran device yang semakin besar akan menjadi semakin baik, inilah 7 alasannya.

 Mengambil Gambar

Besarnya ukuran layar memang tidak akan mempengaruhi resolusi atau kualitas kamera, tetapi layar device yang besar akan membantu Anda dalam mengambil gambar. Baik untuk keperluan Anda ber-selfie, memilih objek mana yang akan dijadikan fokus, atau ketika Anda sedang memilih efek foto, tampilan pada layar yang lebih besar akan memberi Anda hasil fotografi yang lebih jelas.

Merekam Video

Tidak ada media lain yang mampu menangkap semua kejadian berharga dalam kehidupan ini dengan lebih lengkap, dan seperti halnya mengolah foto, merekam video akan lebih mudah dilakukan pada device dengan layar besar. Selain merekam, Anda juga memerlukan proses editing, yang pastinya akan memerlukan gerakan menarik dan menggeser secara terus menerus melalui tombol pengontrol yang ada. Artinya, layar device yang besar akan menghasilkan video yang lebih baik dan mampu menyalurkan cerita bermakna ke banyak orang.

 Membaca Lebih Banyak

Baik ketika Anda menjelajah di laman internet atau sedang serius mendalami suatu topik dengan membaca e-book, layar yang besar pasti memuat lebih banyak hal. Pastinya, Anda akan dapat melihat lebih banyak konten pada layar yang besar. Artinya, Anda juga akan membekali diri Anda dengan pengetahuan dan informasi yang lebih banyak dari lembar-lembar yang Anda baca tanpa perlu terlalu banyak scrolling.

Layar yang besar memberi Anda kemudahan dalam mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan dan berdampingan. Anda dapat menonton film dengan tetap mengecek pembaruan jadwal Anda dan teman-teman. Pada akhirnya, layar besar akan mempertunjukkan ukuran huruf yang lebih besar pula sehingga akan aman untuk mata Anda.

Melakukan Perpesanan

 

Ketika video call dirasa tidak memungkinkan, layar yang besar memudahkan Anda dalam mengirim SMS dan email, terima kasih atas hadirnya keyboard dengan ukuran yang lebih besar pula dan fitur-fitur catatan yang akan lebih mudah digunakan.

 Keperluan Bisnis

Device dengan layar yang besar, yang sering dilengkapi dengan alat penunjuk (seperti S Pen untuk seri Galaxy Note), dapat digunakan untuk menulis memo, menandai dokumen atau bahkan menggambar diagram dengan leluasa. Ketika dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi pendukung, laying yang besar ini sangat cocok untuk melebarkan dan melancarkan keperluan bisnis, misalnya perihal presentasi dan menjadwalkan pertemuan.

Menonton Film

Poin yang satu ini tidak perlu diragukan lagi: layar yang besar pasti cocok untuk menonton film. Besar dan jelasnya gambar yang ditampilkan di layar membuat Anda mampu menangkap setiap gerakan dan memperoleh pengalaman menonton yang menakjubkan.

Bermain Game

Sebagian besar game akan nampak jauh lebih nyata dan realistis melalui device berlayar besar. Dengan layar besar pun, bermain game akan lebih cekatan karena tombol-tombol yang ada berukuran lebih pas untuk ditekan.

Menyadari bahwa smartphone adalah alat utama untuk berinteraksi pada zaman sekarang, ukuran layar yang besar yang terdapat pada Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ makin digandrungi untuk mencakup segala aktivitas sehari-hari. Kita mungkin tidak tahu akan seperti apa ragam ukuran device di masa depan, tetapi kiranya, semakin besar ukuran layarnya akan semakin baik.