CHOPIN-LTE, Samsung Siapkan Tablet Terbaru Dengan RAM 4 GB ?

CHOPIN-LTE, Samsung SIapkan Tablet Terbaru Dengan RAM 4 GB ? – Samsung dan Intel akhir-akhir ini makin dekat saja berkolaborasi menciptakan perangkat terbaru nan canggih. Salah satu bukti terbaru  adalah keluarnya bocoran yang dimuat dalam website benchmark Geekbench tanggal 7 Mei 2015 kemarin. Code name untuk tablet terbaru Samsung ini adalah CHOPIN-LTE. Berdasar spesifikasi yang dibeberkan, perangkat terbaru ini membawa kemampuan yang sangat handal.

Dapur pacu sudah pasti menggunakan prosesor Intel yang kali ini diberikan Intel Atom X5-Z8500 dengan 4 inti (quad core) 64 bit clock speed 2,24 GHz yang ditandemkan bersama prosesor grafis Intel generasi 8. Kinerja pun didukung penuh oleh keberadaan RAM berukuran 4 GB. Processor Intel sendiri diproduksi menggunakan platform Cherry Trail dengan manufaktur 14 nm. Cherry Trail merupakan processor terbaru buatan Intel yang dapat dipasang pada sistem operasi Windows maupun Android dan untuk ini diberikan dua seri yakni X5 dan X7.

Membandingkannya dengan prosesor seri Bay Trail maka sektor GPU menjadi salah satu keistimewaan prosesor Cherry Trail ini. Kendati dari aspek komputasi jelas tidak mampu mengungguli kehebatan processor Core i yang memang lebih gegas. Sebagai pendukung koneksi internet, telah dibenamkan sebuah modem Intel XMM 726x LTE yang menjanjikan kecepatan akses super cepat. Untuk detil spesifikasi lain CHOPIN-LTE belum terungkap secara jelas selain dari penggunaan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Tablet ini mungkin memang akan menjadi salah satu andalan terbaru tablet Samsung untuk tahun 2015 ini. Kita tunggu saja.